Close MenuOpen Menu
Penerangan

Mengenal Sekilas Tentang Lampu Jalan LED

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang lampu LED, bukan? Apalagi saat ini banyak lampu jalan LED 50 watt. Namun, tahukah kamu bahwa itu adalah singkatan dari light emitting diode. Mau tahu lebih jelas tentang lampu jalan dengan jenis LED? Mari perhatikan pengertian lampu LED, sejarah, spesifikasi dan prinsip umum dari lampu jalan LED berikut.

Pengertian Lampu LED

Dari namanya kita ketahui bahwa LED atau light emitting diode merupakan salah satu keluarga dioda yang dibuat dari bahan semikonduktor. Namun secara umum LED diartikan sebagai sebuah komponen elektronika yang mampu memancarkan cahaya monokromatik komplikasi dengan tegangan maju. Warna cahaya yang dihasilkan pun mengikuti bahan semikonduktor yang digunakan.

Sejarah Lampu Jalan LED

Ketika isu mengenai penghematan listrik mulai menyebar luas, lampu jalan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan untuk penghematan listrik. Cara untuk menghemat penggunaan listrik lampu jalan adalah mengganti lampu merkuri dengan lampu LED.  Negara pertama yang mengaplikasikan lampu LED sebagai lampu jalan, yaitu Jepang. Penggunaan lampu jalan LED di Jepang, mulai diterapkan pada tahun 2000-an di wilayah Osaka.

Spesifikasi Lampu Jalan LED

Banyak komponen yang mestinya dimiliki supaya dapat membuat perangkat lampu jalan LED 50 watt. Namun ada dua komponen utama yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan lampu jalan LED. Komponen tersebut, meliputi sistem Solar Cell dan lampu LED.

Cara Kerja Lampu Jalan LED

Sistem penerangan jalan menggunakan lampu LED ini memanfaatkan energi matahari untuk menghemat energi. Ini dikarenakan matahari merupakan salah satu energi yang terbarukan. Nah, untuk mengonversi energi matahari menjadi energi listrik inilah dibutuhkan sistem Solar Cell.

Sebenarnya cara kerja lampu jalan LED tidak terlalu rumit. Pada siang hari sistem Solar Cell akan mengonversi cahaya matahari menjadi energi listrik. Energi yang dihasilkan akan disimpan ke dalam baterai yang menggunakan solar charger controller. Solar charger controller ini berfungsi untuk mengendalikan pengisian listrik pada baterai. Sehingga jika baterai sudah penuh, secara otomatis solar charger controller akan memutuskan pengisian listrik dari solar cell. Energi dari baterai inilah yang nantinya akan digunakan untuk menyalakan lampu LED 50 watt pada malam hari.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *